oleh

Tim Pengabdian Masyarakat Desa Tarai Bangun Manfaatkan Limbah Eco Printing Jadi Pupuk Cair dan Kompos

PEKANBARUTODAY.com – Tim

Pengabdian UNRI Kepada Masyarakat Desa Tarai Bangun Tahun 2020 melaksanakan kegiatan pengelolaan limbah ecoprinting menjadi pupuk cair dan kompos.

Funny salah seorang anggota Tim Pengabdian Masyarakat menjelaskan pupuk ini nantinya dapat dimanfaatkan sebagai sumber nutrisi pada tanaman.

“Pupuk yang ramah lingkungan ini juga diharapkan dapat dimanfaatkan warga untuk memenuhi nutrisi bagi tanaman yang ditanam warga Desa Tarai Bangun,” jelasnya.

Setelah melakukan pelatihan eco printing, limbah ecoprinting seperti dedaunan yang sudah digunakan, dapat diolah menjadi pupuk kompos. Selain itu, dengan ditambah limbah-limbah organik rumah tangga seperti sayuran dan buahan dapat dimanfaatkan menjadi pupuk cair.

“Pengelolaan limbah ini bertujuan agar seluruh bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan eco printing dapat dimanfaatkan secara keseluruhan menjadi produk yang berguna,” imbuhnya.

Masih dikatakan Funny, masyarakat yang ingin mengembangkan eco printing ini dapat menghasilkan beberapa produk sekaligus, baik produk dari ecoprinting yang dapat menjadi usaha ekonomi kreatif dan produk dari limbah ecoprinting yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi nutrisi tanaman di desa tarai bangun.

“Pengelolaan limbah ecoprint menjadi pupuk memberikan peluang bagi ibu-ibu untuk mengurangi limbah rumah tangga, selain itu pembuatan pupuknya yang mudah dan semua bahan yang didapatkan dari dapur. Pupuk ini akan bernilai ekonomi jika ibu-ibu memanfaatkan dan menjualnya sebagai pemasukan pada era COVID-19 sekarang. Penggunaan media sosial seperti Facebook, Instagram dan Whatsapp akan mendukung penjualan ibu-ibu dari hasil karya di dapur,” pungkas Funny. (P2)