oleh

Tim Kukerta Terintegrasi UNRI Gelar Sosialisasi Budidaya Jahe Merah kepada Masyarakat Desa Rumbio

-Kampar-193 views

PEKANBARUTODAY.com – Tim Kukerta Terintegrasi UNRI Desa Rumbio, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar, melakukan kegiatan sosialisasi pembudidayaan jahe merah.

Kegiatan ini dilaksanakan di belakang Aula Desa Rumbio, berdekatan dengan kawasan tanaman obat keluarga (TOGA) yang ada di Desa Rumbio.

“Kegiatan pembudidayaan jahe merah ini selain melibatkan ibu-ibu PKK Desa Rumbio juga melibatkan aparatur desa Rumbio dan juga bidan Desa Rumbio yang mendukung terlaksananya kegiatan,” ujar Kharen salah seorang anggota Tim Kukerta.

Sosialisasi budidaya jahe merah ini dilakukan dengan arahan dosen UNRI.

“Budidaya jahe merah dapat dilakukan dengan cara ditanam langsung ditanah, maupun menggunakan polybag ataupun karung, dan setiap tempat penanaman memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing tergantung pada lokasi tempat budidaya,” ungkap Pebriandi selaku dosen pemateri dalam acara sosialisasi.

Dalam sosialisasinya, kegiatan juga diselingi dengan menanam bibit jahe merah dan pembagian bibit jahe merah untuk ditanam di setiap TOGA yang juga ada di 8 Dusun di Desa Rumbio.

Kegiatan ini disambut antusias oleh peserta terutama ibu-ibu PKK.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Rumbio, dan tak lupa berterimakasih kepada Tim Kukerta Terintegrasi yang telah memberikan praktik langsung budidaya jahe merah serta membagikan bibit jahe merah tersebut,” pungkas Tri Utami selaku kader PKK. (P2)