oleh

Tim Kukerta Relawan Unri Salurkan Instalasi dan Handsanitizer ke Masyarakat Desa Sipungguk

PEKANBARUTODAY – Tim Pengabdian Kukerta Relawan Covid-19 UNRI Desa Sipungguk Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, menyalurkan instalasi handsanitizer kepada masyarakat sekitar.

Rini Oktavia selaku Ketua Tim Relawan menuturkan setidaknya ada sebanyak 6 unit instalasi yang dipaketkan dengan cairan handsanitizer alami dari daun sirih serta alat kebersihan, yang dibagikan kebeberapa tempat umum seperti Kantor Desa, Puskesmas Pembantu dan masjid-masjid di Desa Sipungguk.

“Pembagian Instalasi Hand sanitizer sebanyak 6 unit yakni 1 unit kantor desa, 1 unit Puskesmas Pembantu dan 4 unit masjid yang berada di Desa Sipungguk yang bertujuan agar masyarakat yang masuk dan keluar dari tempat-tempat umum dalam keadaan steril,” tuturnya.

Rini menjelaskan, adanya alat tersebut dapat menghindari penyebaran virus yang ada secara langsung ketika seseorang menekan botol hand sanitizer.

“Penyebaran virus dapat terjadi dengan adanya kontak langsung ketika seseorang memegang benda di sekitarnya, termasuk ketika menekan botol hand sanitizer. Oleh karena itu, alat instalasi ini bekerja dengan cara menginjak pipa di bagian bawah yang kemudian cairan hand sanitizer akan keluar secara otomatis, sehingga tidak ada kontak lansung yg terjadi,” paparnya.

Ditambahkan Desna Rizky salah seorang anggota Tim Relawan lainnya, cairan handsanitizer yang dibagikan terbuat dari bahan alami seperti daun sirih.

“Kami membuat cairan hand sanitizer dari air rebusan daun sirih dan ditambahkan perasan jeruk nipis sesuai dengan tata cara pembuatan yang direkomendasikan oleh Retno Sari selaku Ketua Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi UNAIR yang mana,” katanya.

Ditambahkan Nurahmi Lulasari dari Prodi Pendidikan Biologi (FKIP), dengan disedikannya alat instalasi ini serta hand sanitizer alami diharapkan masyarakat dapat menjaga protokol kesehatan di tempat-tempat umum yang berada di Desa Sipungguk.

“Dimasa new normal ini kami sebagai relawan covid-19 mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga protokol kesehatan kepada masyarakat ketika berada di tempat-tempat umum karena dengan itu dapat mengurangi penyebaran virus yang mewabah pada saat ini,” pungkasnya. (P2)