oleh

Ngeri, Gumpalan Awan Mirip Ledakan Bom Atom Hancurkan Kota di Lebanon

PEKANBARUTODAY.com – Penampakan Kota Beirut, Lebanon yang luluh lantak setelah terjadi ledakan mirip bom atom. Ada beberapa kali ledakan besar mengguncang kota Beirut dan menyebabkan ratusan orang terluka parah, bahkan meninggal.

Beberapa video netizen yang beredar di sejumlah sosial media menangkap momen mengerikan Selasa (4/8) di ibukota negara Lebanon, Beirut. Di mana pada awalnya bangunan yang berdekatan dengan pelabuhan tampak terbakar dengan asap mengepul. Tiba-tiba, ledakan besar meletus dari lokasi mengirim awan jamur besar ke udara bersama dengan puing-puing dan gelombang kejut.

Dengan kedipan mata menelan sekejap kawasan tersebut. Orang-orang berteriak ketakutan melihat peristiwa mengerikan itu. Tapi belum jelas apakah ledakan Beirut adalah tindakan teroris atau serangan Israel.

Perdana menteri Libanon, Hassan Diab, mengatakan ledakan itu disebabkan oleh 2.750 ton amonium nitrat yang telah duduk tanpa pengawasan selama 6 tahun di sebuah gudang. Atas kejadian ini dia bersumpah untuk menghukum pejabat yang dianggap bertanggung jawab.

Pemerintah merilis jumlah korban tewas sekarang dilaporkan 73 meninggal dan 2750 cedera. Namun angka tersebut terus bertambah seiring pencarian korban.

Kantor Berita Nasional Lebanon melaporkan bahwa peristiwa itu dimulai dengan kebakaran di sebuah gedung yang menampung kembang api, namun muncul laporan lain mengatakan ada bahan peledak berkekuatan tinggi di sana.

Namun saat ini muncul berbagai macam spekulasi. Belum diketahui pasti apakah kejadian ini ledakan dari gudang atau memang serangan dari luar yang disengaja.

Selama ini Negara Lebanon penuh dengan gejolak. Pemberontakan dalam negeri,   perbatasan Lebanon-Israel yang sering memanas, sehingga diturunkan UNIFIL atau Pasukan Perdamaian PBB untuk mengamankan kawasan tersebut. (P3)