oleh

Manfaatkan Sumber Daya Lokal, Mahasiswa Kukerta UNRI Terapkan Konsep Pertanian Vertikal di Kampung Budi Bakti

Pekanbarutoday.com – Mahasiswa Kukerta UNRI melakukan penyuluhan mengenai salah satu penerapan urban farming yakni pertanian vertikal.

Arif Rahman Aladiyat selaku Ketua Tim Kukerta menuturkan kegiatan ini digelqr di Kampung Budi Bakti, Kelurahan Sialang Sakti, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

“Kegiatan ini diadakan pada tanggal 12 Agustus 2021 lalu,” tuturnya.

Arif menjelaskan, konsep pertanian vertikal sangat cocok untuk diterapkan masyarakat Kampung Budi Bakti melihat kondisi lahan yang merupakan tanah kuning dan tidak subur dan jumlah lahan yang sempit.

“Dengan adanya penyuluhan ini kami harapkan agar masyarakat terampil untuk bertani sehingga dapat memproduksi bahan pangannya sendiri. Selain memiliki nilai ekonomis dan ekologis, konsep pertanian seperti ini juga akan meningkatkan nilai estetika pada rumah warga,” jelas Arif.

Arif menambahkan, pembuatan pertanian vertikal ini cukup mudah dilakukan dan bahan-bahan yang diperlukanpun tersedia disekitaran rumah masing-masing.

“Kita ingin masyarakat bisa memanfaatkan lahan yang sempit dan barang-barang yang tidak dipakai sebagai media tanam pada pembuatan vertikal garden,” imbuhnya.

Selain melakukan penyuluhan mengenai manfaat pertanian vertikal, mahasiswa Kukerta UNRI turut menyebarkan poster mengenai urban farming disekitar kampung serta embagian bibit bawang merah, pakcoy, dan bunga krokot.