oleh

Komet Neowise Mendekati Bumi, Ini Jaraknya

-Nasional-144 views

PEKANBARUTODAY – Comet C atau kode 2020 F3 atau Neowise telah menarik perhatian para pengamat astronomi di seluruh dunia dalam beberapa minggu terakhir. Saat ini komet akan mendekati titik terdekat ke Bumi malam ini 23 Juli 2020.

Pada pukul 09.41.30 WIB, jarak komet Neowise dengan Bumi mencapai 103,5 juta kilometer. Ini merupakan momen langka, karena butuh 6.800 tahun lagi komet satu ini berada di posisi paling dekat seperti saat ini.

Untuk mengamati objek ini, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyebutkan bahwa komet Neowise bisa disaksikan di arah barat laut. Adapun waktu yang terbaik melihatnya, ketika Matahari telah tenggelam.

“Komet mencapai titik terdekat tanggal 23 Juli jam 09.41 WIB. Saat itu memang tak begitu tampak, tapi bisa dicoba saat senja. Setelah Matahari terbenam, ia masih ada di atas ufuk,” ujar Peneliti dari Pusat Sains Antariksa Lapan Rhorom Priyatikanto.

Meski dimungkinkan melihatnya dengan mata telanjang, Lapan menyarankan agar masyarakat Indonesia memanfaatkan alat bantu ketika melihat Komet Neowise yang sedang fase puncak terdekat dengan Bumi. Pengunaan alat seperti menggunakan teleskop, binokuler, atau kamera digital akan membantu untuk mengamati peristiwa demikian.

Lapan menjelaskan Komet Neowise mulai susah dilihat dengan mata telanjang pada tanggal 26 Juli 2020. Lokasi dengan polusi cahaya tinggi. Sedangkan langit yang bersih bebas dari polusi cahaya akan sulit dilihat mulai dari sekitar tanggal 5 Agustus 2020.

Diketahui, komet ini pertama kali ditemukan pada 27 Maret 2020 melalui teleskop luar angkasa Near-Earth Object Wide-field Infrared Survey Explorer (NEOWISE). Komet ini merupakan komet dengan orbit bergerak mundur (retrograde) dengan orbit yang berbentuk seperti parabolik. (P3)