oleh

Indonesia Sewa Helikopter “Veteran” Asing Untuk Perangi Bencana

PEKANBARUTODAY.com Baru-baru ini Indonesia kedatangan veteran perang asing. Veteran dalam arti bukan pejuang seperti John Rambo di film Rambo. Tetapi sebuah Helikopter besar dengan konfigurasi baling-baling tandem di badan nya. Helikopter jenis Chinook CH-47D buatan Boeing Amerika Serikat, tiba di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin, Palembang hari Rabu (26/8).

Misi utamanya untuk mendukung operasi mitigasi bencana, memadamkan kebakaran hutan dan mengangkut persediaan kemanusiaan dan operasi penyelamatan bila diperlukan. Helikopter ini juga membantu penanganan wabah Covid-19 yang berkelanjutan di Indonesia.

Helikopter tersebut disewa dari Billings Flying Service di Montana, Amerika Serikat. Di Indonesia heli tersebut di sewa dan dioperasikan oleh Badan Nasional Penggulangan Bencana, atau BNPB.

“Disaat pandemik helikopter ini akan melakukan misi khusus untuk membantu di pulau-pulau terpencil dan mengirimkan pasokan medis,” kata staf senior BNPB Egy ​​Massadiah kepada media.

“Chinook, yang sudah dicat dengan logo instansi, difungsikan sebagai mengangkut ambulans dan kendaraan laboratorium berjalan ke pulau-pulau terpencil,” katanya.

Heli Ini memiliki kapasitas 10.000 liter air untuk operasi pemadaman kebakaran yang lebih efektif di enam provinsi di mana kebakaran hutan merajalela.

“Itu bisa menjatuhkan 3.000 liter air dalam satu tembakan,” tambah Egy.

Selain itu BNPB juga menyewa helikopter Sikorsky UH-60 Black Hawk untuk misi serupa. Helikopter ini ditempatkan di Bandara Sultan Syarif Kasim 2, Pekanbaru.

Kedua helikopter tersebut sudah tidak asing digunakan oleh Angkatan Bersenjata Amerika Serikat. Helikopter ini sudah teruji digunakan berbagai macam perang seperti Perang Teluk 1 & 2, Somalia, bahkan Perang melawan Osama bin Laden di Afganistan. (P3)