oleh

Gabung Petronas Yamaha, Valentino Rossi Balapan di Indonesia pada MotoGP 2021

-Olahraga-46 views

Pembalap kawakan Yamaha, Valentino Rossi, hampir dapat dipastikan berkunjung ke Indonesia pada 2021. Sebab, Rossi telah memutuskan untuk terus melanjutkan balapan di pentas MotoGP untuk musim kompetisi tahun depan.

Mulai tahun depan, Rossi sebenarnya tidak lagi membela tim pabrikan Yamaha. Sebab, posisinya akan digantikan oleh Fabio Quartararo. Maka dari itu, hanya tersisa dua pilihan bagi Rossi, pensiun setelah kejuaraan MotoGP 2020 berakhir atau bergabung dengan Petronas Yamaha SRT musim depan.

Pembalap berjuluk The Doctor itu menerangkan bahwa ia masih memiliki hasrat yang kuat untuk bersaing di lintasan. Maka dari itu, Rossi memilih bergabung dengan tim satelit Yamaha tersebut agar bisa berlaga di Kejuaraan Dunia MotoGP 2021.

Kendati demikian, untuk saat ini Rossi masih belum menandatangani kontrak dengan pihak Yamaha SRT. Karena masih ada sejumlah detil yang harus disepakati. Adapun detil yang dimaksud adalah soal orang-orang yang akan menjadi bagian timnya di Petronas Yamaha SRT.

Rossi sendiri mengatakan dirinya tak ingin disebut sudah menyetujui kontrak dengan Petronas Yamaha SRT. Meski begitu, ia tak memungkiri bahwa saat ini tahap kepindahannya ke tim satelit tersebut sudah berjalan 99 persen.

“Berita yang menyebutkan saya sudah menandatangani itu tidak benar, tetapi kami sangat dekat untuk menyetujui kontrak. Saya ingin melanjutkan balapan. Saya 99% yakin bahwa saya akan berlomba dengan tim Petronas pada 2021,” jelas Rossi, seperti dikutip dari laman resmi MotoGP, Kamis (16/7/2020).

Mengapa Rossi akan berkunjung ke Indonesia musim depan? Sebab, Indonesia menjadi salah satu tuan rumah untuk Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Adapun balapan bakal dihelat di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Promotor MotoGP, Dorna Sports, sejatinya telah memberi restu bagi Indonesia untuk menyelenggarakan balapan tersebut. Akan tetapi, untuk saat ini masih belum bisa dipastikan apakah Indonesia akan tetap berada dalam kalender MotoGP 2021.

Karena pandemi Virus Corona (Covid-19), maka Dorna Sports berencana untuk mengurangi jumlah balapan dalam Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Maka dari itu, ada kemungkinan Indonesia akan menjadi salah satu negara yang dieliminasi.

Mengingat masih ada waktu sekira sembilan bulan lagi sebelum memasuki kalender MotoGP 2021, maka Indonesia masih bisa berbenah. Dalam artian, jika penanganan Virus Corona bisa berlangsung lancar dan tak lagi muncul korban, maka bukan hal mustahil Sirkuit Mandalika bakal dipakai untuk MotoGP 2021.