oleh

Cina Peringatkan Israel Akibat Caplok Wilayah Palestina di Tepi Barat

PEKANBARUTODAY – Perwakilan Duta Besar PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) untuk Republik Rakyat Cina menghadiri Agenda Rapat Rutin Dewan Keamanan PBB pada hari Rabu (22/7) di New York, Amerika Serikat. Perihal membahas penguasaan wilayah secara paksa atau aneksasi terhadap wilayah Tepi Barat, Palestina. Cina menyuarakan secara lantang akan tindakan Israel tersebut

“Cina sangat prihatin dengan laporan dan rencana untuk mencaplok sebagian wilayah Palestina yang diduduki,” kata Duta Besar Cina Zhang Jun di Dewan Keamanan yang sedang memberikan pengarahan tentang situasi di Timur Tengah.

“Rencana seperti itu, jika dilaksanakan, akan secara serius melanggar hukum internasional dan resolusi PBB yang relevan, dan mengganggu solusi antar dua negara. Kami mendesak pihak terkait untuk menahan diri dari mengambil tindakan secara sepihak, dan melakukan yang terbaik untuk mengurangi konflik dan ketegangan,” tegas Jun.

Jun turut mengatakan, harusnya tidak ada negara yang mendukung tindakan sepihak. Ini sama pentingnya untuk menghentikan kegiatan permukiman, pembongkaran struktur Palestina, dan kekerasan terhadap warga sipil.

Jun menambahkan bahwa Presiden Cina XI Jinping baru-baru ini berbicara dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, dan memastikan Cina “teman tulus rakyat Palestina”. Cina juga mendukung seruan Palestina untuk bernegosiasi yang dimediasi internasional. Cina juga bersedia mempertimbangkan untuk mengambil bagian di dalamnya.

“Orang-orang Palestina selalu dapat mengandalkan dukungan Cina untuk alasan mereka memulihkan hak-hak nasional yang sah,” pungkas Jun. (P3)