oleh

Awal Perjalanan Uni Emirat Arab Menuju Si Planet Merah

PEKANBARUTODAY – Salah satu Negara Jazirah Arab, Uni Emirat Arab telah meluncurkan misi pertamanya ke Planet Mars. Tepatnya Senin pagi (20/7), dengan tujuan berusaha mengembangkan kemampuan serta penelitian secara ilmiah beserta teknologinya dan mencari sumber energi alternatif demi mengurangi kebutuhan pada minyak bumi.

Sebelumnya, peluncuran dari Tanegashima Space Center Jepang dijadwalkan Rabu (15/7) tetapi ditangguhkan karena cuaca buruk.

Peluncuran pesawat antariksa bernama “Hope” terjadi pada pukul 1:58 waktu UEA atau 6:58 pagi waktu Jepang. Perjalanan diperkirakan memakan waktu selama 7 bulan menuju Planet Merah tersebut. Estimasi waktu mencapai Mars pada bulan Februari 2021, bertepatan dengan hari kemerdekaan Uni Emirat Arab yang ke-50.

Di sana, “Hope” akan mengorbit dan mengirim data ke Bumi mengenai atmosfir planet tersebut.

Uni Emirat Arab mengatakan untuk pertama kalinya akan ada pandangan lengkap tentang informasi atmosfir di Mars pada musim yang berbeda-beda.

Sebagai pendatang baru dalam pengembangan ruang angkasa, sejauh ini Uni Emirat Arab telah berhasil meluncurkan tiga satelit observasi, tetapi belum melampui orbit bumi.

Keberhasilan misi ini akan menjadi langkah besar bagi perekonomian negara yang sangat tergantung pada minyak bumi tersebut. (P3)