oleh

Alamak! Ada Sepeda Brompton Curian Asal Inggris Dijual di Indonesia?

PEKANBARUTODAY – Brompton yang merupakan produsen sepeda yang berbasis di London, baru-baru ini menghubungi komunitas lokal Brompton Owner Group Indonesia (BOGI), memberi tahu para anggotanya bahwa sepeda curian tersedia untuk dibeli oleh penjual tanpa izin di Indonesia di akhir bulan Juni 2020.

Perusahaan tersebut mengklaim bahwa sepeda itu telah dicuri dari petugas kesehatan Inggris.

Dalam sepucuk surat yang dikirim perusahaan ke komunitas BOGI, Brompton mengklaim bahwa sepeda itu dicuri dari petugas kesehatan Inggris. Brompton sendiri mendapat laporan bahwa sepeda tersebut dijual secara illegal dan tidak resmi di Indonesia.

Sepeda yang diduga curian ini, sebenarnya adalah edisi khusus yang diperuntukkan bagi kampanye sosial “Wheels for Heroes” dari produsen sepeda Brompton. Tujuannya memberikan 1.000 sepeda bagi para pekerja tenaga Pelayanan Kesehatan Nasional Inggris. Demi memperlancar mobilitas mereka di tengah pandemi COVID-19. Dengan menggunakan sepeda, petugas kesehatan dapat bekerja tanpa harus menggunakan transportasi umum.

Pendiri komunitas BOGI Baron Martanegara memposting surat pemberitahuan di grup Facebook grup pada hari Rabu.

“Brompton telah mengeluarkan surat resmi dan pernyataan pemberitahuan Peringatan , …… jika ada anggota yang memiliki informasi atau memiliki (sepeda), silakan hubungi saya,” tulisnya dalam posting tersebut.

Baron juga memposting screenshot dari surat yang ditujukan kepadanya dari Direktur eksekutif pemasaran senior Asia Brompton James Ku.

“Saya mengirim email ini untuk mencari dukungan komunitas Brompton Indonesia, untuk membantu kami mengidentifikasi dan memulihkan sepeda curian dengan menyebarkan pesan di komunitas lokal kami,” tulis James dalam surat itu.

Dalam surat pemberitahuan dari Brompton yang juga diposting oleh Baron, perusahaan mengatakan sepeda itu memiliki laporan nomor kejahatan di Kepolisian dan terdaftar sebagai sepeda curian di Inggris.

Di Indonesia sendiri Brompton belum membuka toko secara resmi. Sedangkan permintaan untuk sepeda kelas premium – dengan harga mulai dari Rp 30 juta hingga Rp 80 juta , sedang meningkat pesat di negara ini, seiring juga meningkatnya popularitas sepeda lipat. (P3)