oleh

2020 Malaysia Masih Nekat Klaim Wilayah Indonesia di Blok Ambalat ?

PEKANBARUTODAY.com – Klaim Malaysia terhadap Blok Ambalat kembali membuat heboh publik. Kali ini beredar kabar di salah satu platform media sosial Twitter.

Seperti yang diposting dari sumber akun @tweetmiliter (23/7), “Udah dari 2005 sengketa, ternyata Malaysia masih tetap nekat mengklaim Ambalat. Gak main2, sekarang klaim Ambalat dimasukin secara resmi pula ke Defense White Paper mereka yang terbit di awal 2020,” ujar akun yang berisi pengamat militer dari sipil tersebut.

Berdasarkan sumber, klaim Malaysia terhadap Blok Ambalat tersebut tercantum di dalam Peta Defence White Paper Kementrian Pertahanan negeri jiran tersebut.

Sebagai pengertian Defence White Paper adalah semacam dokumen yang berisi Perencanaan Strategis dan Pertahanan Nasional Tahunan setiap Negara. Dokumen tersebut dipublikasi secara terbuka oleh setiap negara melalui kementrian pertahanan. Kali ini untuk tahun 2020 Malaysia baru saja mempublikasi nya di website halaman www.mod.gov.my, dan dapat diunduh dalam bentuk PDF.

Blok Ambalat merupakan perbatasan wilayah laut antara Indonesia dan Malaysia, yang berlokasi di samping Timur Pulau Kalimantan atau Barat Laut Laut Sulawesi. Blok Ambalat merupakan wilayah yang termasuk Laut Teritorial dari Indonesia. Wilayah yang memang memiliki potensi kekayaan laut terutama Minyak Bumi.

Sengketa ini sebenarnya sudah menghebohkan media nasional semenjak tahun 2005, dimana Malaysia mengklaim Blok Ambalat secara sepihak. Namun sekarang muncul lagi di tahun 2020.

Sampai saat ini belum ada tanggapan atas tindakan Malaysia tersebut, baik dari Kementrian Pertahanan dan Luar Negeri Indonesia ataupun media nasional.

Jadi, Malaysia maunya apa lagi nih sekarang? (P3)